Jumat, 21 September 2012

Louis Berkhof: Keberadaan Allah

Orang Kristen menerima kebenaran tentang keberadaan Allah dengan iman. Tetapi iman ini bukanlah iman yang buta, melainkan berdasarkan bukti, dan bukti ini ditemukan pertama-tama dalam Alkitab sebagai Firman Allah yang diinspirasikan, dan kedua dalam wahyu Allah di dalam alam semesta. Bukti Alkitab tidak kita terima dalam pernyataan eksplisit, apalagi dalam bentuk argumen logis. Berarti Alkitab tidak membuktikan keberadaan Allah.

Ayat yang paling dekat dengan bentuk pernyataan adalah Ibrani 11:6: "Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia".

Alkitab menjadikan keberadaan Allah menjadi pra-anggapan dalam pernyataannya yang paling awal: "pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi". Pernyataan ini bukan saja menyatakan bahwa Allah Pencipta langit dan bumi akan tetapi juga bahwa Allah adalah penopang seluruh ciptaanNya dan Pemerintah masa depan pribadi dan bangsa-bangsa. Ayat ini juga menyaksikan fakta bahwa Allah mengatur segala sesuatu sesusai dengan kehendakNya dan menyatakan perwujudan secara bertahap dari rencana agung penyelamatanNya.