Selasa, 11 September 2012

Menolak Logika-Logika Miring Doktrinal

Di dalam membangun doktrin, banyak orang Kristen menggunakan logika-logika miring. Misalnya, orang-orang Kristen ada yang menerima wahyu baru dengan alasan bahwa jangan membatasi pekerjaan Roh Kudus. Padahal, Tuhan Yesus berkali-kali menegaskan bahwa Roh Kudus tidak membicarakan apapun yang berasal dari diriNya melainkan membicarakan apa yang Ia terima dari Tuhan Yesus (Yohanes 14-16).

Logika-logika miring doktrinal artinya logika yang seolah-olah benar pada satu sisi tetapi sesungguhnya mengandung persoalan pada sisi lain.

Contoh yang lain adalah bahwa "kalau Allah Mahakuasa maka Ia pasti bisa menyembuhkan penyakit saya". Bahwa Allah Mahakuasa itu benar. Bahwa Ia pasti bisa menyembuhkan segala penyakit, juga benar. Tetapi apakah Ia mau menyembuhkan penyakit "saya"? Kemahakuasaan Allah tidak ditentukan oleh satu orang sakit dan disembuhkan. Karena pola ini dibangun oleh kesombongan rohani.

Mari kita belajar memahami dan membangun doktrin dalam pikiran kita secara komprehensif (utuh dari semua sisi) dan jangan comot-comot satu dua doktrin lalu dipakai secara sembarangan.