Rabu, 05 September 2012

Sejarah Lagu: Maju Laskar Kristen

Hampir jarang orang percaya yang tidak mengenal lagu "Maju Laskar Kristen" (Onward Christian Soldiers). Lagu ini ditulis oleh Pdt. Sabine Baring-Gould. Pendeta Baring-Gould adalah seorang hamba Tuhan yang suka memberitakan Injil. Gereja yang pertama kali digembalakannya adalah gereja dengan jemaat kebanyakan bekerja sebagai buruh tambang batu bara dan buruh pabrik.

Ia kemudian menyewa sebuah rumah kecil sebagai tempat penginjilan bagi kaum buruh yang hanya bisa hadir pada malam hari. Seringkali ketika sedang mengajar, mereka diganggu oleh orang-orang jahat. Namun,salah seorang buruh tambang yang sudah tua, tetapi sangat kuat, selalu keluar dan memecahkan beberapa biji-bijian keras dengan tangannya. Melihat ini, banyak penjahat yang melarikan diri, takut kepalanya dipecahkan seperti biji-bijian tersebut.

Bersyukur, jumlah buruh yang menghadiri pelajaran Alkitab di rumah sewa itu makin lama makin banyak. Pendeta Baring-Gould adalah seorang pekerja keras. Selain melayani jemaat-jemaat dari kaum buruh yang tidak mudah, ia mempunyai lima belas (15) orang anak.

Pada tahun 1865, ketika anak-anak akan berbaris memakai seragam untuk bergabung dengan anak-anak di desa lain dalam kebaktian perayaan acara gereja, Pendeta Baring-Gould mengarang lagu tersebut. Ia membayangkan anak-anak memakai seragam dan berbaris membawa panji yang bergambar salib Kristus.

Lagu ini memberi semangat dan arah bagi kita akan peperangan rohani melawan setan untuk merebut jiwa-jiwa bagi Kristus.